Arsip Blog

Minggu, 23 Desember 2018

Indonesia Berduka di Akhir Tahun


Michael Jakson- Heal The World


Ada banyak tangis kesedihan Indonesia beberapa hari ini. Masyarakat ketar-ketir dengan berita Tsunami Banten, lampung dan Selat sunda serta erupsi anak krakatau yang digadang-gadang sebagai penyebab Tsunami.

Tidak ada jingga dipantai Anyer. Yang ada hanya suasana suram yang membungkus usai diamuk Tsunami.




 Pict By CNN Indonesia


Tsunami Banten dan Tsunami Lampung menelan ratusan korban jiwa. Banyak cerita terkait kronologi Tsunami Banten dan Tsunami Lampung.

Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengungkapkan data yang ia terima korban tsunami Banten dan Lampung hingga Minggu (23/12/2018) pukul 13.00 WIB, sebanyak 168 meninggal dunia, 745 luka, dan 30 orang hilang.

Wilayah pantai barat Banten diketahui diterjang gelombang pasang atau tsunami dari Selat Sunda pada Sabtu (22/12) malam. Air bah meluluh lantakkan apa saja yang dilewati di sepanjang Pantai Carita dan Tanjung Lesung, Pandeglang.

Pict By CNN Indonesia

Kondisi di sepanjang Pantai Anyer tidak terlalu suram pascatsunami. Namun, tetap ada beberapa bangunan yang nampak rusak, baik permanen maupun semi permanen. Suasana sepi terasa menyelimuti. Tidak banyak kendaraan berlalu-lalang.

Penyebab pasti dari gelombang pasang yang menerjang Banten dan Lampung pada Sabtu (22/12/2018) malam masih belum bisa dipastikan.

Namun, ahli tsunami dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Widjo Kongko, setelah melakukan kaji cepat menduga bahwa tsunami tersebut disebabkan oleh erupsi Anak Krakatau.


"Kemungkinan besar terjadi flank failure/collapse akibat aktivitas Anak Krakatau petang ini dan akhirnya menimbulkan tsunami," katanya, seperti dilansir dari kompas.com.

Tidak lupa dengan peristiwa Lion Air JT610 yang terjadi beberapa bulan yang lalu  dan beberapa bencana Tsunami di kota Indonesia lainnya. Banyak duka terjadi pada Indonesia 2018 ini.

Begitu juga akhir tahun Indonesia menutup 2018 dengan suasana berkabung.Hal ini seharusnya membuat kita lebih berjaga- jaga, mengigat kematian adalah hal yang pasti datangnya.

Turut berduka cita untuk korban bencana, semoga yang ditinggalkan diberikan kekuatan dan ketabahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar